Rabu, 02 Januari 2013

SEJARAH PALEMBANG


1.     Jelaskan asal kata PALEMBANG yang di berikan nenek moyong pada kota kita tercinta ini ?
Menurut topografinya, kota ini dikelilingi oleh air, bahkan terendam oleh air. Air tersebut bersumber baik dari sungai maupun rawa, juga air hujan. Bahkan saat ini kota Palembang masih terdapat 52,24 % tanah yang yang tergenang oleh air (data Statistik 1990). Berkemungkinan karena kondisi inilah maka nenek moyang orang-orang kota ini menamakan kota ini sebagai Pa-lembang dalam bahasa melayu Pa atau Pe sebagai kata tunjuk suatu tempat atau keadaan; sedangkan lembang atau lembeng artinya tanah yang rendah, lembah akar yang membengkak karena lama terendam air (menurut kamus melayu), sedangkan menurut bahasa melayu-Palembang, lembang atau lembeng adalah genangan air. Jadi Palembang adalah suatu tempat yang digenangi oleh air.

2.     Sebutkan 3 faktor setempat yang menyebabakan palembang menjadi pusat kerajaan sriwijaya?
a)     Berada dekat dengan Tanah tinggi Sumatera bagian Barat, yaitu : Pegunungan Bukit Barisan.
b)   Berada di sekitar Daerah kaki bukit atau piedmont dan pertemuan anak-anak sungai sewaktu memasuki dataran rendah.
c)    Berada di daerah Daerah pesisir timur laut.

3.    Apakah kerajaan terbesar yang ada di palembang, dan jelaskan sejarah singkatnya ?
·         Kerajaan sriwijaya,
·         sejarah singkat  : Faktor setempat yang berupa jaringan dan komoditi dengan frekuensi tinggi sudah terbentuk lebih dulu dan berhasil mendorong manusia setempat menciptakan pertumbuhan pola kebudayaan tinggi di Sumatera Selatan. Faktor setempat inilah yang membuat Palembang menjadi ibukota Sriwijaya, yang merupakan kekuatan politik dan ekonomi di zaman klasik pada wilayah Asia Tenggara. Kejayaan Sriwijaya diambil oleh Kesultanan Palembang Darusallam pada zaman madya sebagai kesultanan yang disegani dikawasan Nusantara
·          
4.    apakah isi dari prasasti kedukan bukit ?
Kota Palembang merupakan kota tertua di Indonesia berumur setidaknya 1382 tahun jika berdasarkan prasasti Sriwijaya yang dikenal sebagai prasasti Kedudukan Bukit. Menurut Prasasti yang berangka tahun 16 Juni 682. Pada saat itu oleh penguasa Sriwijaya didirikan Wanua di daerah yang sekarang dikenal sebagai kota Palembang

5.    sebelum berdirinya NKRI perkembangan palembang memiliki fase utama yaitu?
1. Fase Sebelum Kerajaan Sriwijaya
2. Fase Sriwijaya Raya,

3. Fase Runtuhnya Kerajaan Sriwijaya

4. Fase Kesultanan Palembang Darussalam

5. Fase Kolonialisme

 

 



SEJARAH AMPERA
1.     Jelaskan sejarah singkat tentang jembatan ampera !
Pembangunan jembatan ampera ini dimulai pada bulan april 1962. Biaya pembangunan jembatan ini diambil dari dana pampasan perang Jepang. Selain biaya yang bersal dari jepang pembangunan jembatan inipun menggunakan tenaga ahli dari jepang.
Awalnya jembatan ini di beri nama jembatan Bung Karno. Pemberian nama ini sebagai bentuk penghargaan kepada presiden Soekarno. Peresmian jembatan ini dilakukan pada tahun 1965. Pada saat itu ampera merupakan jembatan terpanjang di Asia Tenggara.
Pada tahun 1966, setelah adanya gerakan anti Soekarno, nama jembatan ini berubah menjadi Ampera ( amanat penderitaan rakyat ).

2.    Jelaskan manfaat dan guna jembatan ampera bagi warga kota Palembang..
1. sebagai objek wisata kota palembang
2. sebagai penghubung sebrang ilir dan sebrang ulu.
3. bagian tengah dari jembatan ini dahulu bisa dibuka agar kapal besar bisa lewat.

3.    Jelaskan mengapa dana pembangunan jempatan Ampera diambil dari pampasan perang Jepang?
Karena pada masa itu terjadi perang antara indonesia dan jepang yang dikenal dengan perang 5 hari 5 malam, dalam perang itu Jepang kalah. Dan sebagai pampasan perang serta mengganti kerugian indonesia jepang membangun jembatan ampera.

4.    Kapan dan siapa yang meresmikan jembatan ampera!
Pada tanggal 30 september 1965 jembatan ampera diresmikan oleh jendral ahmad yani.

5.    Adakah usaha pemerintah untuk melestarikan jembatan ampera ? jelaskan!
Ada, yaitu dengan cara melakukan renovasi sampai 3 kali dan menjaga kebersihan di sekitar jembatan ampera.

SEJARAH MONPERA
1.     Dimanakah letak dari monpera ( munumen penderitaan rakyat)?
Monpera berada di jalan merdeka No.01 kelurahan 19 ilir kecamatan IB 1 palembang, sumatera selatan.

2.    Apakah fungsi dari monpera sekarang ?
Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) sudah difungsikan sebagai museum penyimpanan benda bersejarah. Terutama, sisa peninggalan perang lima hari lima malam di Palembang.
3.    Apakah benda sejarah yang ada di lantai 2 monpera ?
Di lantai dua, Anda dapat melihat 14 pucuk senjata yang sebagian besar merupakan hasil pampasan perang zaman sebelum kemerdekaan. Ada senjata jenis pistol, senapan, kecepek, ranjau hingga alat pelontar bom yang kerab dipakai pejuang tempo doeloe.

4.    Kapan dan siapa yang meresmikah monpera?
diresmikan pada tanggal 23 Februari 1988 oleh Menko Kesra Alamsyah Ratu Perwira Negara.

5.    Apa tujuan di bangunnya monpera?
Monumen ini dibangun unntuk mengenang perjuangan rakyat Sumatera Selatan ketika melawan kaum penjajah pada masa revolusi fisik yang dikenal dengan Pertempuran Lima Hari Lima Malam di Palembang yang pecah pada tanggal 1 Januari 1947 yang melibatkan seluruh rakyat Palembang melawan Belanda

SEJARAH MASJID AGUNG DAN LAWANG KIDUL PALEMBAN
1.   Ukuran masjid agung palembang pada masa awal pembangunan?
 Ukuran bangunan mesjid waktu pertama dibangun semula seluas 1080 meter persegi dengan daya tampung 1200 jemaah. Perluasan pertama dilakukan dengan wakaf Sayid Umar bin Muhammad Assegaf Altoha dan Sayid Achmad bin Syech Sahab yang dilaksanakan pada tahun 1897 dibawah pimpinan Pangeran Nataagama Karta mangala Mustafa Ibnu Raden Kamaluddin.

2.   Jelaskan sejarah singkat masjid agung palembang..
Masjid Agung pada mukanya disebut sebagai masjid sultan di bangun pada 1738 oleh Sultan Mahmud Badarudin I jayo wikromo. Peresmian masjid ini  pada 28 jumadil awal 1151 H (26 mei 1748)

3.   Dimanakah letak masjid lawang kidul palembang?
Masjid ini terletak di tepian Sungai Musi di semacam tanjung yang terbentuk oleh pertemuannya dengan muara Sungai Lawangkidul, di kawasan Kelurahan Lawang Kidul, Kecamatan Ilir Timur II

4.   Apakah material bangunan yang digunkan untuk membangun masjid lawang kidul palembang ?
Konon, material bangunan itu terdiri atas campuran kapur, telur, dan pasir. Sedangkan bahan kayunya –tiang, pintu, atap, dan bagian penunjang lainnya- terbuat dar kayu unglen.

5.   bagaimanakah interior masjid lawang kidul palembang ?
      Interior:
interior mesjid, juga masih menampakkan keaslian. Empat saka guru memiliki ketinggian delapan meter dengan 12 pilar pendamping setinggi lebih kurang enam meter, Kesemua tiang bersudut delapan. Empat alang (penyangga) atas sepanjang 20 meter juga terbuat dari unglen tanpa sambungan.

SEJARAH MASJID KI. MEROGAN DAN MASJID CHENG-HO
1.   sebutkan sejarah singkat tentng masjid cheng-ho?
Masjid Cheng Hoo Palembang sebenarnya bernamaMasjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya Palembang adalah Masjid bernuansa Muslim Tionghoayang berlokasi di Jakabaring Palembang. Masjid ini didirikan atas prakarsa para sespuh, penasehat, pengurus Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Sumsel, dan serta tokoh masyarakat Tionghoa di sekitar Palembang.Mesjid yang didirikan warga keturunan ini juga memiliki imam baru yang sudah hafal 30 juz dari kitab suci umat Islam, Al-Quran yaitu Choirul Rizal.

2.   Apakah hal ynag unik dari masjid cheng-ho ?
Selain sejarahnya, masjid ini juga memiliki arsitertur yang unik, yang memadukan unsur-unsur budaya lokal Palembang dengan nuansa Cina dan Arab. Masjid yang dibangun di atas tanah 5.000 meter persegi ini berada di sebuah kompleks perumahan kelas menengah. Menara di kedua sisi masjid meniru klenteng-klenteng di Cina, dicat warna merah dan hijau giok.

3.   Siapakah pendiri masjid KI. Merogan ?
Kyai Merogan (Mgs. H. Abdul Hamid Bin Mgs. Mahmud)

4.   Dimanakah letak masjid KI.Merogan ?
Masjid Ki Merogan berada di tepian Sungai Ogan Kecamatan Kertapati sedangkan Masjid Lawang Kidul berada di tepi Sungai Musi daerah Seberang Ilir Kelurahan 5 Ilir.

5.   kapan pertama kali masjid Ki. Merogan digunakan untuk solat jumat ?
Untuk pertama kalinya, salat Jumat secara umum dilakukan tanggal 22 Agustus 2008.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar