Selasa, 21 Agustus 2012

hakikat bangsa


HAKIKAT BANGSA
 Ernest Renan (Prancis) Ernest Renan (Prancis)
Bangsa terbentuk karena adanya keinginan untuk hidup bersamaBangsa terbentuk karena adanya keinginan untuk hidup bersama(Hasrat bersatu) dengan perasaan setia kawan yang agung.(Hasrat bersatu) dengan perasaan setia kawan yang agung.
Otto Bauer (Jerman)Otto Bauer (Jerman)
Bangsa adalah kelompok manusia yang mempunyai persamaanBangsa adalah kelompok manusia yang mempunyai persamaankarakter yang tumbuh akibat adanya persamaan nasib.karakter yang tumbuh akibat adanya persamaan nasib.
F. Ratzel (Jerman)F. Ratzel (Jerman)
Bangsa terbentuk karena adanya hasrat bersatu, yang timbul karenaBangsa terbentuk karena adanya hasrat bersatu, yang timbul karenaadanya rasa kesatuan antara manusia dan tempat tinggalnya.adanya rasa kesatuan antara manusia dan tempat tinggalnya.
 Hans Kohn (Jerman) Hans Kohn (Jerman)
Bangsa adalah buah hasil tenaga hidup manusia dalam sejarah.Bangsa adalah buah hasil tenaga hidup manusia dalam sejarah.Secara umum bangsa memiliki faktor-faktor objektif tertentu yangSecara umum bangsa memiliki faktor-faktor objektif tertentu yangmembedakan dengan bangsa lain, yaitu persamaan keturunan,membedakan dengan bangsa lain, yaitu persamaan keturunan,wilayah, adat-istiadat, bahasa, agama, perasaan dan kesamaan politik.wilayah, adat-istiadat, bahasa, agama, perasaan dan kesamaan politik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar