Jumat, 24 Agustus 2012

sahabat yang syahid bersama saudaranya


Salim, Maula Abu Hudzaifah ( Sahabat yang Syahid Bersama Saudaranya )
Salim pada mulanya hanyalah seorang budak belian. la dijadikan anak angkat oleh salah seorang pemimpin Islam terkemuka bernama Abu Hudzaifah bin ‘Utbah. Ketika Islam menghapus kebiasaan memungut anak angkat, Salim pun menjadi saudara serta maula (hamba yang dimerdekakan) bagi orang yang memungutnya.
Salim, Maula Abu Hudzaifah masuk Islam. Tidak ada lagi yang mempersoalkan statusnya. Berkat ketakwaan dan keikhlasannya, ia  memiliki  kedudukan yang layak di tengah masyarakat .
Salim memiliki banyak kelebihan. Kelebihannya  yang paling menonjol adalah mengemukakan apa yang` dianggapnya benar secara terus terang. Selama memeluk  Islam, Salim selalu mendampingi Rasulullah di setiap  peperangan. Sementara persaudaraannya dengan  Abu Hudzaifah semakin hari semakin erat.
Saat Abu Bakar menjadi khalifah, terjadilah perang Yamamah. Salim dan Abu Hudzaifah turut serta dalam peperangan itu. Bersama pasukan Islam, keduanya berjuang mempertahankan Islam hingga titik darah penghabisan. Dalam perang tersebut, Salim dan Abu Hudzaifah meninggal sebagai Syuhada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar