Kamis, 01 Agustus 2013

SOAL SEJARAH MESJID AGUNG DAN MESJID LAWANG KIDUL


1.    Apa nama Masjid Agung pada mulanya ? dan siapa pendirinya ?
Mulanya bernama Masjid Sultan. didirikan oleh Sultan Mahmud Badaruddin I 

2.   Pada tahun berapakah pendirianya dan peresmiannya ?
 Perletakan batu pertama pada tahun 1738, dan peresmiannya pada hari Senen tanggal 28 Jumadil Awal 115 H atau 26 Mei 1748. 

3.    Apa konsep  arsitektur mesjid sultan/ mesjid agung ?
Arsitektur Masjid Sultan dirancang oleh seorang arsitek dari Eropa. Konsep bangunan masjid memadukan keunikan arsitektur Nusantara, Eropa dan China. Gaya khas arsitektur Nusantara adalah pola struktur bangunan utama berundak tiga dengan puncaknya berbentuk limas.Undakan ketiga yang menjadi puncak masjid atau mustaka memiliki jenjang berukiran bunga tropis. Pada bagian ujung mustaka ada mustika berpola bunga merekah.  Bentuk undakan bangunan masjid dipengaruhi bangunan dasar candi Hindu-Jawa, yang kemudian diserap Masjid Agung Demak.

4.   Apa yang anda ketahui mengenai Masjid Lawang Kidul?
Mesjid Lawang Kidul adalah salah satu masjid tua di kota Palembang. Masjid ini terletak di tepian Sungai Musi di semacam tanjung yang terbentuk oleh pertemuannya dengan muara Sungai Lawangkidul, di kawasan Kelurahan Lawang Kidul, Kecamatan Ilir Timur II.

5.    Siapa yang mebangun mesjid tersebut ?

dibangun dan diwakafkan ulama Palembang Kharismatik, Ki. Mgs. H. Abdul Hamid bin Mgs. H. Mahmud alias K. Anang pada tahun 1310 H(1890 M).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar