Sabtu, 05 Oktober 2013

CARA BERLATIH PERNAFASAN DIAFRAGMA DALAM BERNYANYI

Dalam bernyanyi ada beberapa komponen yang membuat suara / nyanyian tersebut terdengar enak. Salah satu komponen itu adalah NAFAS. Didalam bernyanyi pun, ada beberapa tekhnik pernafasan tetapi yang dikenal paling efektif penggunaannya dalam bernyanyi ialah tekhnik pernafasan DIAFRAGMA. Dalam artikel saya kali ini, saya ingin berbagi kepada sobat semua tentang BAGAIMANA CARA BERLATIH PERNAFASAN DIAFRAGMA DALAM BERNYANYI. Berikut cara-cara nya : 
  1. Berdiri dengan posisi badan yang tegak lurus / sejajar , kaki direntangkan kira - kira 20 cm , dada rileks juga seluruh anggota tubuh kita rileks. Telapak tangan kanan di tempelkan di perut , dan punggung telapak tangan kiri di tempatkan di pinggang bagian belakang , gunanya untuk merasakan keluar masuknya udara dan kembang kempisnya diafragma.
  2. Hirup udara melalui hidung dan alirkan ke bagian rongga dada , perut sehingga memperluas / melebarkan sekitar perut dan pinggang (diafragma) : juga penuhi udara ke bagian paru-paru lalu kunci untuk beberapa detik dengan merelaksasikan otot perut bawah, sekat rongga dada (diafragma) yang membatasi rongga dada dan rongga perut akan turun ke bawah sesuai dengan gembungnya perut
  3. Keluarkan udara melalui mulut dengan cara menekan otot disekitar perut bawah dada dengan bunyi " BUZZ " ini memungkinkan otot-otot perut akan berkontraksi sedikit ketika memulai mengeluarkan udara dari mulut dengan bunyi suara BUZZ dengan nada panjang 
  4. Atur bagian diafragma seiring out / keluar udara sehingga rongga perut mengempis dan udara di paru -paru dan sekitar diafragma berkurang. 
Latihan pernafasan ini harus dilakukan secara terus menerus dan diulang - ulang , hingga kita benar - benar merasakan keluar masuknya udara dengan stabil dan rileks. Itulah beberapa langkah untuk berlatih pernafasan diafragma dalam bernyanyi semoga bermanfaat sobat - sobat semua. Wassalamualaikum :)
Diposkan oleh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar