Rabu, 04 September 2013

10 Manfaat makan telur mentah bagi kesehatan

Telur yang direbus atau digoreng memang lezat. Namun ternyata telur mentah yang dikonsumsi juga membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Mag for Women berikut ini.

Bebas lemak dan kolesterol
Jika digoreng, telur biasanya memiliki kadar lemak jenuh dan kolesterol tinggi. Namun jika dinikmati dalam bentuk mentah, telur bebas dari kedua senyawa yang berbahaya bagi kesehatan tersebut.

Mencegah kanker dan penyakit jantung
Ada sebuah kandungan penting di dalam kuning telur yang bermanfaat bagi kesehatan. Sebuah penelitian pun mengungkap bahwa senyawa tersebut mampu mencegah kanker dan penyakit jantung.

Menyehatkan jantung
Telur mentah juga kaya akan antioksidan yang berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Di dalam dua butir telur mentah, kandungan antioksidannya dua kali lebih tinggi daripada satu buah apel.

Memperbaiki suasana hati
Makan kuning telur mentah mampu memperbaiki suasana hati. Sebab senyawa di dalam kuning telur merangsang hormon tertentu yang membuat kesehatan mental menjadi lebih baik.

Menangkal kebutaan dan katarak
Penyakit katarak yang biasanya memicu kebutaan ternyata bisa dicegah dengan cara mengonsumsi telur mentah, terutama para lansia yang sering diserang oleh kedua kondisi tersebut.

Membentuk otot
Sedang berdiet dan berusaha membentuk tubuh yang atletis? Coba makan telur mentah. Kandungan protein tinggi dalam telur bisa membuat tubuh membentuk otot yang kuat dan berisi.

Menyembuhkan gangguan paru-paru
Pada beberapa kasus, makan telur mentah ternyata juga ampuh menyembuhkan gangguan pada organ paru-paru, khususnya penderita emphysema.

Memberikan energi
Makan telur mentah sama dengan memberikan energi maksimal di dalam tubuh. Menurut ahli nutrisi, tubuh pun tak akan kesulitan jika harus mencerna telur mentah karena ada enzim alami yang membantu proses pencernaan.

Menjaga stamina
Telur mentah yang dikonsumsi bukan cuma menjaga keseimbangan hormon, mempercepat metabolisme, dan melancarkan sistem sirkulasi, tetapi juga menjaga stamina dan kesehatan secara keseluruhan.

Telur organik
Telur sering dicurigai mengandung bakteri berbahaya Salmonella. Jadi sebaiknya pilih telur organik yang lebih aman dan memiliki kadar vitamin tinggi.
Itulah beberapa manfaat makan telur mentah bagi kesehatan. Apakah Anda sudah pernah mencoba makan telur mentah dan merasakan khasiatnya?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar