Senin, 16 September 2013

CERPEN CINTA -,-

Cerpen Cinta
Cerita pendek dan novel memang berbeda. Untuk menulis cerpen anda tidak usah bertele-tele dengan menjelaskan alur cerita sedemikian panjang, sebab sebuah cerpen akan menceritakan titik pokok masalah dalam sebuah cerita yang dibuat dengan singkat, padat namun jelas pada inti pokok cerita tersebut. Meski terlihat mudah karena cerita pendek, namun anda juga harus memperhatikan beberapa hal dalam sebuah penulisa, seperti berikut:
TEMA
Ciptakan tema yang unik saat menulis sebuah cerpen, agar dapat dengan mudah di sampaikan kepada pembaca, serta usahakan membuat tema mengenai hal-hal baru yang terjadi di sekitar kita sehingga akan sangat mudah menarik perhatian para pembaca.
ALUR CERITA
Berbeda halnya dengan pembuatan novel yang menjelaskan alur cerita dengan sangat rinci dan panjang. Namun jika dalam pembuatan cerpen yang harus anda perhatikan adalah fokus pada alur cerita sesuai dengan tema yang sudah dipilih dari awal. Jangan sampai alur cerita dalam cerpen yang anda buat semakin bercabang mulai dari karakter, latar belakang dan detail lainnya. Sebab dalam pembuatan cerpen yang perlu anda perhatikan adalah menggunakan karakter secukupnya yang sesuai dengan tema dan alur cerita tersebut.
SEPENGGAL KISAH HIDUP
Jika dalam pembuatan novel akan dijelaskan secara terperinci mulai dari awal hingga akhir, namun dalam pembuatan cerpen anda cukup menuliskan sepenggal kisah hidup karakter dalam cerita tersebut hanya sebatas sebagai background yang akan menjadi penguat tema cerita tersebut. Tekankan saja pada satu bagian dari kehidupannya untuk ditulis dalam cerita tersebut.
PENGGUNAAN KATA
Dalam pembuatan cerpen pada umumnya tidak menggunakan kata yang bertele-tele atau panjang lebar, namun menggunakan kata yang efisien dan menghindari menggunakan kalimat deskriptif yang berpanjang lebar. Sebab pada umumnya cerpen yang dimuat dalam koran ataupun internet akan membatasi jumlah kata yang dapat dipakai dalam cerita tersebut.
IMPRESI
Biasanya pembuatan cerpan dimulai dengan pengenalan karakter, konflik dan resolusi dalam cerita. Untuk membuat pembaca lebih tertarik dengan cerita yang anda buat, ciptakan impresi di awal cerita dengan langsung menghadirkan konflik. Sedangkan untuk pengenalan karakter, setting, dll dapat dilakukan secara perlahan pada bagian cerita berikutnya.
KEJUTAN
Tidak hanya impresi di awal cerita, namun anda ingin pembaca anda tetap setia dan menunggu cerita yang akan anda buat selanjutnya, bukan begitu? Jika begitu, beri kejutan kepada pembaca di akhir cerita yang anda buat. Dengan membuat cerpen yang berisikan cerita yang sulit ditebak, akan membuat pembaca merasa penasaran dengan cerita anda.
KONKLUSI
Tidak jauh berbeda dengan memberi kejutan di akhir cerita. Dengan akhir cerita yang mengesankan akan menjadi daya tarik dan selalu dikenang oleh pembaca, dengan begitu pembaca akan menantikan cerpen terbaru dari anda.
Beberapa hal umum seperti diatas yang sangat penting anda perhatikan dalam pembuatan cerpen. Namun ada hal lainnya dalam pembuatan cerpen seperti tempo waktu, setting, penokohan, dialog, alur dan pastikan bahwa cerpen yang anda buat sudah benar-benar selesai dengan baik.
Cerpen Cinta
Pada umumnya cerpen cinta yang diangkat dimasyarakat adalah mengambil dari kejadian yang terjadi sehari-hari ataupun kejadian mengenai percintaan yang saat ini marak diperbincangkan, seperti jatuh cinta, patah hati atau galau. Dengan banyaknya kumpulan cerpen cinta yang dapat ditemukan di koran bahkan internet membuat anda banyak mendapatkan informasi terbaru dan menjadi alternatif bagi anda yang ingin memuat cerpen karya anda. Semoga informasi mengenai Cerpen Cinta seperti diatas dapat bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar