Kamis, 12 September 2013

METABOLISME II

Pembelajaran tentang metabolisme biasanya disajikan dengan cara memberikan definisi tentang metabolisme diikuti dengan fungsi /peran metabolisme bagi makhluk hidup, selanjutnya disajikan jenis-jenis metabolisme serta fase-fase reaksi kimia dari metabolisme yang pada umumnya dalam bentuk diagram alur. Cara penyajian ini diterapkan bukan hanya pada siswa sekolah menengah tetapi juga pada level perguruan tinggi, baik untuk program pendidikan maupun non pendidikan. Pada kenyataannya, cara penyajian tersebut kurang membantu siswa maupun mahasiswa memahami esensi dari metabolisme.

Telah banyak peneliti yang mencoba untuk mempermudah siswa maupun mahasiswa memahami konsep metabolisme. Ada yang menyarankan sebaiknya menggunakan analogi-analogi untuk menjelaskan perubahan-perubahan molekul pada setiap fase reaksi kimia pada metabolisme, ada pula yang mengusulkan menggunakan visualisasi atau animasi reaksi, yang lain mengusulkan penggunaan program komputer interaktif yang berisi gabungan antara animasi reaksi kimia dan analisis konsep. Semua menunjukkan usaha agar siswa/ mahasiswa lebih mudah memahami konsep metabolisme. Hasil penelitian menunjukkan ada kemajuan yang cukup berarti, walaupun demikian untuk menyajikan konsep metabolisme dengan cara-cara tersebut mengandung kendala utama berupa penggunaan media yang tidak semua sekolah dapat memiliki.

Biologi sel adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang sel. Sel sendiri adalah kesatuan structural dan fungsional makhluk hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar