Selasa, 03 September 2013

DESKRIPSI


Karangan ini berisi gambaran mengenai suatu hal/ keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan hal tersebut. tulisan yang tujuannya memberikan perincian atau detail tentang objek sehingga dapat memberi pengaruh pada sentivitas dan imajinasi pembaca atau pendengar bagaikan mereka ikut melihat, mendengar, merasakan, atau mengalami langsung objek tersebut (Semi, 2003:41)
Deskripsi bertujuan menyampaikan sesuatu hal dalam urutan atau rangka ruang dengan maksud untuk menghadirkan di depan mata angan-angan pembaca segala sesuatu yang dilihat, didengar, dicecap, diraba, atau dicium oleh pengarang. (Widyamartaya, 1992:9-10)
Menurut Semi (2003:41), deskripsi ini merupakan ekposisis juga, sehingga ciri umum yang dimiliki oleh ekposisi pada dasarnya dimiliki pula oleh deskripsi. Lebih lanjut, Semi (2003:41) mengatakan bahwaciri-ciri deskripsi yang sekaligus sebagai pembeda dengan ekposisi adalah sebagai berikut :

Deskripsi lebih berupaya memperlihatkan detail atau perincian tentang objek.

Deskripsi lebih bersifat memberi pengaruh sensitivitas dan membentuk imajinasi pembaca.

Deskripsi disampaikan dengan gaya yang nikmat dengan pilihan kata yang menggugah; sedangkan 
ekposisi gayanya lebih lugas.

Deskripsi lebih banyak memaparkan tentang sesuatu yang dapat didengar dilihat, dan dirasakan sehingga objeknya pada umumnya berupa benda, alam, warna, dan manusia.

Organisasi penyampaiannya lebih banyak menggunakan susunan ruang (spartial order)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar