Senin, 16 September 2013

CERPEN PERSAHABATAN

Cerpen Persahabatan
Cerpen dengan mengangkat tema persahabatan, biasanya mengangkat cerita mengenai dunia persahabatan, bisa yang bersifat cinta dan persahabatan atau murni persahabatan antara dua insan atau lebih. Tentu anda semua memiliki sahabat, pria atau wanita. Persahabatan merupakan hal yang penting dimiliki setelah keluarga, bahkan sahabat seringkali dianggap sebagai keluarga sendiri. Dengan memiliki sahabat, kita tidak akan merasa sendirian, sebab sahabat selalu ada disaat susah dan juga senang. Sahabat juga seringkali memberikan inspirasi yang bisa kita tuangkan dalam sebuah karya sastra, seperti halnya cerpen. Saat membuat cerpen persahabatan, kita bisa mengangkat cerita mengenai persahabatan kita sendiri atau mengambil tokoh sebagai orang lain, itu sesuai dengan keinginan anda masing-masing.

Namun untuk membuat sebuah karya sastra cerita pendek, anda tidak bisa sembarangan. Karena cerpen berbeda halnya dengan novel, oleh karena itu ada beberapa hal umum dalam pembuatan cerpen yang perlu anda ketahui, seperti berikut:
Tema
Tema mengenai cerita persahabatan, entah itu bisa bersifat percintaan atau kejadian unik yang terjadi bersama sahabat anda. Carilah cerita yang mudah menarik perhatian pembaca.
Alur Cerita
Alur cerita pada cerpen berbeda dengan novel, cerpen memiliki alur cerita lebih pendek, singkat dan jelas pada inti cerita dengan menggunakan cukup beberapa karakter, latar belakang dan detail yang sesuai dengan tema yang dipilih.
Penggunaan Kata
Penggunaan kata pada cerpen lebih efisien dan tidak mengandung kalimat yang berkepanjangan, sebab biasanya jika ingin memuat sebuah cerpen dalam koran atau situs internet akan dibatasi jumlah kata yang harus dipakai pada cerita tersebut.
Kejutan dan Konklusi
Diakhir cerita yang anda buat, berikanlah kejutan dan konklusi dalam cerpen agar berkesan untuk pembaca dan beri akhir cerita yang tidak mudah ditebak oleh pembaca.
Cerpen Persahabatan
Beberapa langkah membuat Cerpen Persahabatan seperti diatas akan membantu anda yang ingin membuat cerita pendek mengenai persahabatan. Untuk membaca cerpen persahabatan terbaru, saat ini sudah banyak ditemukan di koran dan situs internet untuk memudahkan anda mencari inspirasi dari cerita pendek yang dimuat di internet dan koran. Sekian ulasan mengenai Cerpen Persahabatan, semoga dapat bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar