Senin, 16 September 2013

Contoh Pidato Singkat




Namun sebelum anda memutuskan untuk berpidato, tidak ada salahnya untuk mengetahui hal sederhana dalamContoh Pidato yang bisa menjadi acuan sebelum anda berpidato, seperti berikut:

Pembukaan
Perkenalan diri pembaca
Gambaran umum tentang isi pidato
Humor sebagai penyegar
Ilustrasi yang relevan mengenai isi pidato
Lain-lain

Isi atau Uraian
Penjelasan dari isi pidato
Alasan dari isi pidato
Bukti dan ilustrasi mengenai isi pidato
Contoh atau perbandingan dari topik pidato
Cerita dan humor yang relevan
Lain-lain

Penutup
Kesimpulan dari isi pidato
Ajakan kepada pendengar untuk melakukan sesuatu
Penegasan isi pidato
Lain-lain

Beberapa hal penting seperti diatas dapat dijadikan acuan bagi anda yang ingin berpidato. Namun untuk lebih jelasnya lagi, dibawah ini ada contoh pidato singkat yang bisa menjadi referensi bagi anda.

Assalamu’alaikum Wr. Wb
marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberi nikmat serta karunia-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul bersama di hari yang berbahagia ini.
Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Besar kita Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun kami semua hingga saat ini.
Dan kepada Yth. Bapak/Ibu… yang saya hormati dan teman-teman semua yang saya cintai, kita semua pasti sudah sering mendengar mengenai penebangan liar yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak memiliki kepedulian kepada kelestarian alam sekitar. Sungguh sangat prihatin atas kebiasaan buruk yang dilakukan dengan mengatasnamakan bisnis namun mengesampingkan kelestarian hutan yang merupakan titipan untuk anak cucu kita kelak.
Beberapa ribu meter kubik kayu yang telah mereka jarah. Sementara setelah itu mereka tinggalkan lahan yang sudah semakin kritis yang bisa membahayakan saudara kita yang lain dengan kemungkinan seperti bencana banjir yang bisa mengancam masyarakat semua.
Teman-temanku,
Sadarlah, bahwa lingkungan kita ini merupakan sistem yang saling keterkaitan antara satu dengan lainnya. Jika salah satunya mengalami kerusakan tentunya bagian lainnya akan merasakan akibatnya.
Maka dari itu, berhentilah untuk merusak hutan, penebangan liar. Mari jagalah lingkungan alam sekitar. Lestarikan lingkungan kita sebagai wujud syukur kepada Sang Maha Pencipta. Berikan hak anak cucu kita dengan alam yang lestari untuk berlangsungnya hidup dengan segenap komponen alam. Sampai disini yang dapat saya sampaikan dalam pidato ini, jikalau ada kesalahan mohon untuk dimaklumi.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Contoh Pidato
Contoh pidato seperti diatas termasuk dalam pidato singkat dengan tema lingkungan hidup, yang bisa menjadi referensi bagi anda dan dimodifikasi sesuai dengan topik masalah yang akan disampaikan nanti. Semoga ulasanContoh Pidato seperti diatas dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda.

SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar