Rabu, 04 September 2013

Berbagai makanan sumber zat besi tinggi

Zat besi adalah senyawa yang dibutuhkan tubuh dan bertugas untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Jika kekurangan zat besi, tubuh akan merasa lelah sepanjang hari, pucat, dan mudah marah. Jadi cobalah memenuhi kebutuhan zat besi dengan cara mengonsumsi berbagai makanan seperti yang dilansir dari Health Me Up berikut ini.

Hati hewan dan tiram
Hati dan jantung hewan kaya akan zat besi yang dibutuhkan tubuh. Hati bisa berasal dari sapi, ayam, kambing, atau babi. Selain hati, tiram juga bisa dikonsumsi karena mengandung zat besi tinggi.

Daging merah
Daging merah dari sapi, kambing, atau babi memberikan asupan zat besi yang cukup bagi tubuh. Sebaiknya pilih daging tanpa lemak demi mengontrol kadar kolesterol dan tetap mendapatkan zat besi di dalamnya.

Daging ayam dan ikan
Daging ayam dan ikan (khususnya yang segar) adalah makanan yang mengandung zat besi tinggi. Kedua makanan tersebut dianjurkan untuk diolah dalam bentuk rebus, panggang, atau kukus agar tidak meningkatkan kolesterol dalam tubuh.

Sayuran berdaun hijau
Makanan yang merupakan sumber zat besi tinggi berikutnya adalah sayuran berdaun hijau, misalnya brokoli, bayam, kubis, dan kale.

Kecambah dan kedelai
Kacang kedelai dan kecambah adalah sayuran lain yang juga mengandung zat besi tinggi. Keduanya pun mengandung nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh, yaitu vitamin C dan E.

Buah kering
Suka makan kismis atau kurma? Kedua buah kering tersebut nikmat jika dimakan sebagai camilan. Bukan cuma itu, camilan sehat berupa kismis atau kurma adalah sumber zat besi yang baik bagi tubuh.

Bumbu dapur
Beberapa bumbu dapur, termasuk kunyit, jintan, dan asam Jawa, adalah sumber zat besi yang bisa disisipkan ke dalam masakan. Menggunakan bumbu-bumbu tersebut akhirnya bisa menambah cita rasa sekaligus memberi asupan zat besi pada tubuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar