Selasa, 12 November 2013

Berkenalan Dengan Manga Jepang


Manga si komik jepang, alias komik jepang yang biasa disebut manga buakn cuma digemarin sama anak -anak saja, tapi dari remaja bahkan orang tua pun suka membaca dan mengoleksi manga ini. apa lagi buat anak-anak pasti suka deh kalau bacaan yang full gambar. Pada beberapa tempat penyewaan manga, seperti di Dago-Bandung, mereka mendesain perpustakaan komiknya seperti sebuah warnet, dimana tempat penyewaan buku disatukan dengan café dan rung baca yang cukup nyaman. Jika anda melewati daerah Universitas Bina Nusantara (Binus) di daerah kemanggisan, anda akan menemukan banyak toko-toko yang melayani peminjaman manga. Sedangkan anime, adalah sebutan untuk kartun-kartun Jepang. Anime berbeda dengan kartun-kartun produksi Disney misalnya, yang targetnya kebanyakan adalah anak-anak. Kebanyakan anime justru mentargetkan filmnya kepada remaja dan dewasa.
       Manga atau Anime ini berasal dari kata  “animation”, dalam kamus bahasa Inggris diartikan sebagai film animasi bergaya Jepang atau film animasi yang diproduksi oleh Jepang itu memang populer di Indonesia.bahkan sekarang ini sudah ada loh, manga versi indonesia, saya akan mempostinngnya nanti di postingan say berikutnya.
emang sih  teman-teman manga ini sifatnya menghibur  Tetapi ada tiga hal penting yang harus diperhatikan ketika anda akan membaca manga/anime; kualitas gambar, alur cerita (konflik), dan pengarang.

Pertama,
kualitas gambar. Ketika membaca manga anda akan membiarkan imajinasi anda dituntun oleh alur cerita dan gambar yang ada di buku. Bagaimana mungkin anda dapat menikmati bacaan anda jika gambarnya tidak menarik?! Mari kita lihat judul-judul manga beriku; Bus for Spring, karangan Usami Maki. Salad Days, karangan Shinobu Inokuma, dan Mint-na Bokura, karangan Wataru Yoshizumi.
Manga-manga ini ditujukan kepada remaja putri karena ceritanya yang romantis dan komedi romantis, untuk itu tokoh-tokohnya juga harus terlihat ’keren dan cantik’. Bagi manga jenis ini, wardrobe yang yang dikenakan oleh para karakternya sekalipun sangat menarik
Kedua, alur cerita. Kebanyakan komikus mentargetkan pembacanya adalah para remaja perempuan, atau perempuan dewasa (josei). Jenis manga seperti ini biasanya bergenre romantis atau komedi romantis. Seperti manga Hachimitsu to Clover (Honey and Clover) yang pertama kali ditulis oleh Umino Chica. Dari segi alur cerita dan konflik, manga ini wajib mendapat nilai 10. dalam versi anime-nya, Hachikuro pantas untuk mendapatkan four thumbs up!. Ini karena detail dan kualitas gambar animasinya yang menyerupai lukisan cat air. 
 Ketiga, pengarang. Bagi para penggemar anime dan manga pasti sudah mempunyai komikus favorit mereka sendiri. Karena gambar tokoh dan karakter pada tiap manga, seperti sebuah tandatangan bagi para komikus. Mereka mempunyai ciri khas masing-masing. Contohnya, manga/anime yang dibuat oleh CLAMP. CLAMP adalah salah satu komikus yang karya-karyanya telah banyak diangkat menjadi anime. Beberapa karyanya yang terkenal seperti; Cardcaptor Sakura, The One I Love, X, Tsubasa Reservoir Chronicle, dan XXX Holic.
sekian.
note's : dikutip dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar